Manfaat WhatsApp Bot Untuk Bisnis

Manfaat WhatsApp Bot Untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kualitas layanan pelanggan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan demi keberlangsungan bisnisnya. Perusahaan harus mampu untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas layanan tersebut agar hubungan bisnis dengan pelanggan dapat terjaga dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang saat ini yaitu WhatsApp Bot.

 

WhatsApp Bot merupakan salah satu solusi perpesanan berbasis chatbot yang menggunakan WhatsApp sebagai platform messaging nya. Solusi ini telah banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia untuk membantu berbagai operasional bisnis mereka. Nah sebenarnya apa sih manfaat chatbot untuk bisnis itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Baca Juga: Apa itu WhatsApp Business API?

 

Apa itu WhatsApp Bot?

 

Pada dasarnya teknologi chatbot bukan merupakan hal baru lagi di era perkembangan teknologi digital saat ini. Hanya saja penggunaannya untuk bisnis mengalami peningkatan yang cukup pesat akhir-akhir ini. Nah sebenarnya apa itu chatbot? Dan apa hubungannya dengan WhatsApp Bot?

 

Chatbot berasal dari kata chat (obrolan) dan bot (robot) yang dapat diartikan sebagai layanan obrolan secara otomatis dengan penggunaan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent). Teknologi ini mampu merespon pertanyaan atau perintah layaknya percakapan manusia dalam bentuk pesan teks atau suara. Kemampuan inilah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membantu tugas-tugas yang tidak terlalu banyak membutuhkan keahlian manusia.

 

Teknologi chatbot dapat diimplementasikan melalui beberapa platform perpesanan, salah satunya adalah WhatsApp atau biasa kita kenal sebagai WhatsApp Bot. WhatsApp Bot biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membantu merespon pertanyaan atau keluhan dari pelanggan yang sifatnya umum dan berulang. Dengan solusi ini perusahaan dapat melayani pelanggan secara cepat sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan.

 

Manfaat Bot WhatsApp

 

Adanya solusi WhatsApp Bot yang membantu beberapa tugas bisnis tentunya memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Perusahaan dapat lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang masih banyak membutuhkan keahlian manusia, sehingga bisnis dapat beroperasi secara maksimal.

 

Adapun manfaatnya bagi bisnis secara terperinci adalah sebagai berikut:

 

  • Menghemat Waktu

Menggunakan WhatsApp Bot dapat menghemat waktu dari sisi perusahaan maupun pelanggan. Bagi perusahaan, penggunaan solusi ini dapat meminimalisir kerja layanan pelanggan apabila pesan atau permintaan dari pelanggan sedang banyak. Bagi pelanggan, mendapatkan respon yang cepat dapat membuat pelanggan puas dengan kualitas layanan yang disediakan perusahaan. Singkatnya, penggunaan WhatsApp Bot ini dapat menanggapi pesan dari banyak pelanggan secara otomatis dan real-time dalam satu waktu.

 

  • Layanan 24 jam

WhatsApp Bot dapat beroperasi selama 24 jam, yang artinya pelanggan dapat menggunakan layanan mengirim pesan dan mendapatkan balasan pesan dari perusahaan kapanpun mereka butuhkan.

 

Baca Juga: Memanfaatkan WhatsApp API untuk Customer Service

 

  • Personalisasi Pesan

Dengan menggunakan Bot WhatsApp ini, perusahaan dapat mengatur sendiri pesan otomatis apa yang dibutuhkan sesuai dengan pertanyaan atau keluhan dari pelanggan. Selain untuk menjawab pertanyaan dan keluhan dari pelanggan, Bot WhatsApp juga dapat digunakan untuk pengaturan pesan sambutan atau greeting message bagi pelanggan baru, pesan pengingat, pesan informasi atau promosi produk, dan pemberitahuan status atau detail terkait pengiriman produk. Fitur personalisasi pesan ini sangat tepat dimanfaatkan untuk bisnis online, sehingga pesan yang disampaikan perusahaan dapat diterima pelanggan dengan jelas.

 

  • Menghemat Anggaran Bisnis

Memanfaatkan WhatsApp Bot dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar karyawan. Bukan berarti perusahaan tidak membutuhkan peran manusia untuk melayani pelanggan, tetapi akan lebih mudah jika dapat dikerjakan secara cepat dan efektif oleh fitur bot demi meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

 

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan akan merasa puas dengan layanan pelanggan yang cepat dan tidak bertele-tele. Semakin puas pelanggan maka semakin loyal juga pelanggan tersebut kepada perusahaan. Kepuasan pelanggan juga dapat berdampak pada image perusahaan, karena pelanggan dapat memberikan feedback yang positif apabila perusahaan memberikan layanan yang baik.

 

Berbagai manfaat di atas tentunya membuat Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan WhatsApp Bot sebagai salah satu solusi alternatif yang dapat membantu melayani pelanggan bisnis Anda.

Pada proses implementasinya nanti, Anda juga harus memastikan bahwa bisnis Anda telah terdaftar sebagai pengguna solusi WhatsApp Business API terlebih dahulu. Business Solution Provider (BSP) yang telah membantu pendaftaran Anda akan sekaligus membantu implementasi WhatsApp Bot sesuai keinginan Anda. Jika Anda masih ragu dan membutuhkan informasi lebih lanjut, coba konsultasikan terlebih dahulu dengan tim Jatis Mobile!

Related Article