Home » Journal » Langkah Mudah Gunakan WhatsApp API pada Bisnis Anda

Langkah Mudah Gunakan WhatsApp API pada Bisnis Anda

Table of Contents
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penggunaan solusi WhatsApp API pada bisnis bukan menjadi satu hal baru di kalangan para pelaku bisnis. Perusahaan-perusahaan skala kecil hingga besar di berbagai sektor industri telah banyak yang menggunakan solusi ini untuk kebutuhan bisnis mereka. Solusi WhatsApp API ini mereka yakini efektif untuk digunakan bisnis dalam menghadapi tantangan komunikasi bisnis di era perkembangan digitalisasi yang pesat saat ini.

 

Namun, mungkin ada juga sebagian dari pelaku bisnis yang masih bertanya-tanya terkait penggunaan WhatsApp API pada bisnis ini. Yakni mengapa harus memilih WhatsApp API? dan bagaimana cara penggunaannya pada bisnis? Simak penjelasannya berikut ini!

 

 

Alasan memilih WhatsApp Business API

 

Perkembangan teknologi di era digital telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Misalnya pada teknologi komunikasi berbasis teks atau perpesanan, dahulu kita hanya disuguhkan teknologi email dan SMS yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Tetapi di era sekarang, kita telah dimanjakan dengan berbagai macam aplikasi perpesanan yang memiliki fitur-fitur canggih salah satu diantaranya adalah WhatsApp. Apakah masih ada yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp?

 

WhatsApp telah menjadi menjadi leader aplikasi perpesanan selular yang memiliki pengguna paling banyak di seluruh dunia. Jika merujuk pada data hasil survey, pengguna aplikasi perpesanan telah mengalami peningkatan saat wabah pandemi kemarin, salah satunya adalah pengguna WhatsApp. Menurut data, pengguna aplikasi ini telah mencapai 2 milyar lebih pada awal dekade ini.

 

Sejalan dengan kenyataan di atas, kita semua memahami bahwa dari setiap perkembangan teknologi pasti berdampak pada perubahan perilaku masyarakat. Termasuk juga adanya perkembangan teknologi perpesanan di atas, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Liberty Land East menunjukkan bahwa 68% orang yang disurvey lebih menyukai bertransaksi dengan bisnis melalui aplikasi perpesanan.

 

Melihat kenyataan-kenyataan di atas, para pelaku bisnis tentunya bisa dengan mudah untuk memahami alasan mengapa harus memilih WhatsApp API sebagai solusi untuk kebutuhan bisnisnya. Ekosistem WhatsApp di seluruh dunia yang telah terbentuk menjadi target market yang empuk bagi bisnis. Dengan WhatsApp API, bisnis akan lebih mudah untuk menjangkau dan melakukan berbagai macam interaksi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka.

 

Baca Juga: Apa itu WhatsApp Business API? Berikut Penjelasan dan Penggunaannya pada Bisnis

 

3 Langkah Menggunakan API WhatsApp

 

Tujuan umum pelaku bisnis menggunakan API WhatsApp adalah agar dapat terhubung dengan pelanggannya secara mudah melalui platform WhatsApp. Sedangkan jika berbicara mengenai tujuan khususnya, masing-masing perusahaan tentunya memiliki maksud yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Ada yang menggunakannya untuk mengirimkan pesan notifikasi, sebagai saluran layanan pelanggan, atau juga untuk kegiatan promosi. Terlepas dari berbagai macam penggunaan tersebut, pada umumnya ketika perusahaan Anda ingin menggunakan solusi berbasis WhatsApp ini maka akan melakukan 3 langkah mudah berikut ini:

 

Persiapan

Pertama, pilih dan hubungi Business Solution Provider (BSP) resmi dan terpercaya untuk membantu implementasi WhatsApp API di perusahaan Anda. BSP yang Anda pilih akan meminta Anda untuk membuat akun Facebook dan WhatsApp bisnis. Akun-akun tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan bantuan BSP yang telah Anda pilih.

 

Pembuatan Profil

Langkah selanjutnya, Anda harus melengkapi profil bisnis untuk akun WhatsApp bisnis yang akan ditampilkan ke customer nantinya. Kelengkapan profil tersebut seperti nama bisnis, kategori bisnis, dan deskripsi bisnis. Agar menunjukkan kredibilitas akun WhatsApp brand Anda saat dilihat customer, profil bisnis harus dibuat dengan lengkap dan jelas.

 

Verifikasi

Terakhir, Anda harus memasukkan nomor telepon yang akan ditampilkan pada profil WhatsApp API Anda. Setelah pendaftaran nomor telepon, Anda akan mendapatkan kode verifikasi untuk proses pengaktifan profil Anda. Setelah proses verifikasi dan pengaktifan sudah selesai, Anda dapat langsung menggunakannya untuk terhubung dengan pelanggan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

Jika Anda perhatikan, langkah di atas cukup mudah bukan? Namun ada satu hal penting yang sebaiknya Anda benar-benar perhatikan yaitu ketika Anda memilih Business Solution Provider (BSP). Dalam proses pemilihan BSP, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kredibilitas provider tersebut apakah berstatus resmi atau tidak, pengalamannya dalam membantu implementasi WhatsApp API, dan aspek dukungan layanan lainnya.

 

Jatis Mobile merupakan salah satu BSP WhatsApp terpercaya dan berpengalaman di Indonesia. Lebih dari 200 perusahaan telah dibantu mengimplementasikan WhatsApp APIP untuk berbagai macam kebutuhan bisnis. Dengan berbekal pengalaman ini, tentunya Anda tidak perlu khawatir jika memilih Jatis Mobile sebagai BSP untuk membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana Jatis Mobile bisa membantu implementasi WhatsApp API, silakan hubungi kami.