bsp whatsapp
Home » Journal » Cara Memilih BSP WhatsApp yang Tepat

Cara Memilih BSP WhatsApp yang Tepat

Table of Contents
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penyedia WhatsApp Business API atau biasa disebut Business Solution Provider (BSP) merupakan perusahaan yang mampu membantu proses implementasi solusi WhatsApp Business API di sebuah perusahaan. BSP WhatsApp adalah third party yang telah memiliki keahlian khusus dalam mengimplementasikan solusi ini, sehingga perusahaan yang dibantunya tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan karena BSP akan membantu hingga solusi ini dapat digunakan sesuai kebutuhan bisnis.

Di Indonesia sendiri ada beberapa BSP WhatsApp API yang bisa Anda pilih sebagai partner. Namun yang perlu Anda ketahui, ada beberapa langkah penting yang harus diperhatian sekaligus dilakukan agar menjadi bahan pertimbangan saat Anda memilihnya. Apa saja langkah tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Apa itu WhatsApp Business API?

Memilih BSP WhastApp API

Banyak BSP WhatsApp yang bisa ditemukan di Indonesia, dimana masing-masing BSP memiliki service yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak asal-asalan dalam proses pemilihannya. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar BSP yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Langkah tersebut antara lain sebagai berikut.

Lakukan Pemeriksaan Profil

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memeriksa profil dari BSP WhatsApp API yang akan dipilih terlebih dahulu. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa partner tersebut terpercaya, memiliki portofolio yang bagus, dan juga sudah resmi terdaftar sebagai BSP resmi WhatsApp API. Cara paling tepat untuk mengetahui semua informasi mengenai BSP WhatsApp API tersebut adalah melalui website mereka atau langsung menghubungi contact person yang terdapat di website mereka.

  • Fitur yang Ditawarkan

Mencari tahu apa saja fitur WhatsApp API yang ditawarkan oleh BSP WhatsApp adalah sesuatu yang tak kalah penting untuk dilakukan. Fitur-fitur utama yang ditawarkan pada umumnya adalah fitur centang hijau, pengiriman pesan secara otomatis dan interaktif, penggunaan chatbot, pengelolaan template pesan dan juga fitur rich media. Silakan pastikan fitur-fitur tersebut dapat mengakomodir kebutuhan bisnis Anda.

  • Kecepatan Proses Onboarding

Pada dasarnya proses pengajuan WhatsApp API kepada pihak penyedia WhatsApp API tidak membutuhkan waktu yang lama. Pihak WhatsApp akan memberikan persetujuan terkait bisnis yang diajukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. BSP WhatsApp API akan memberikan panduan yang jelas kepada klien dan juga membantu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan sampai akun WhatsApp API klien siap untuk digunakan.

  • Kemampuan Integrasi

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa WhatsApp API bukan merupakan sebuah aplikasi yang cukup didownload dan langsung bisa digunakan. WhatsApp API baru akan berfungsi ketika diintegrasikan dengan sebuah sistem di perusahaan seperti sistem Customer Relationship Management (CRM), omni channel, dan lainnya. Hal inilah yang wajib Anda tanyakan kepada BSP WhatsApp untuk mengetahui kemampuan mereka dalam membantu proses integrasinya.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Gunakan WhatsApp API untuk Bisnis

  • Penggunaan Nomor Telepon Pribadi untuk WhatsApp

Setiap pebisnis tentu menginginkan hal yang simple dan mudah untuk bisnis mereka. Hal itu berlaku juga saat ingin mendaftarkan nomor telepon untuk kebutuhan WhatsApp API. Oleh karena itu, baiknya Anda memilih BSP WhatsApp yang memungkinkan untuk menggunakan nomor telepon Anda sendiri untuk digunakan pada akun WhatsApp API.

  • Strategi & Penetapan Harga

Pada proses pemilihan produk atau layanan, aspek harga tentu menjadi salah satu pertimbangan penting dalam mengambil keputusan. Setelah melihat kualitas layanan yang ditawarkan, Anda perlu mengetahui detail harga serta Service Level Agreement (SLA) yang yang ditawarkan BSP WhatsApp API.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa meminta referensi dari rekan bisnis Anda yang telah mengimplementasikan solusi ini agar Anda semakin yakin dalam memilih BSP WhatsApp. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa fokus mengamati portofolio dari BSP tersebut yakni perusahaan-perusahaan mana saja yang telah memilihnya.

Jatis Mobile merupakan salah satu BSP WhatsApp resmi di Indonesia, yang telah memiliki portofolio lengkap karena dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar ternama dari berbagai industri. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai layanan yang disediakan Jatis Mobile, Anda bisa menghubungi kami melalui website Jatis Mobile.